Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Berkebun Di Masa Pandemi? Mulailah Dengan Menanam Bumbu Dapur Ini!

Masa pandemi Covid-19 menyebabkan segala aktivitas yang dilakukan di luar rumah menjadi lebih terbatas dari kondisi normal. Jika kamu ingin dapat merasakan aktivitas yang sedikit berbeda selama berada di rumah, maka berkebun di pekarangan rumah mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu.

Sebenarnya berkebun tidak mesti memerlukan lahan yang luas, sebab kamu bisa membeli beberapa pot atau polybag untuk dijadikan sebagai media tanam.

Apabila kamu termasuk orang yang senang dalam memasak, maka menanam bumbu-bumbu dapur yang sering diperlukan dalam memasak bisa menjadi pilihan terbaik. Dan bumbu dapur yang dimaksud bahkan bisa kamu bibitkan sendiri, sehingga untuk memulainya tidak perlu repot lagi untuk membeli bibitnya.

menanam bumbu dapur di pekarangan rumah

Pilih dan tanamlah tumbuhan bumbu dapur apa saja yang biasa kamu gunakan. Selain memberimu aktivitas positif, kamu juga akan dapat menghemat uang belanja.

Berikut adalah beberapa pilihan bumbu dapur yang dapat kamu tanam dengan mudah di rumah:

1. Cabai

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur paling populer dan banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap berbagai masakan. Meskipun setiap orang mempunyai selera pedas yang berbeda-beda, namun tidak sedikit orang suka mencampurkan cabai ke dalam masakan mereka.

Harga cabai juga seringkali berubah-ubah, bahkan terkadang harganya menjadi begitu tinggi pada waktu-waktu tertentu. Dari pada terus-menerus membeli cabai, tidak ada salahnya untuk coba menanam sendiri beberapa batang cabai di pekarangan kamu.

Jangan lupa untuk memilih jenis cabai yang sering digunakan atau kamu juga bisa menanam beberapa jenis cabai dengan jenis yang berbeda sekaligus. Lakukan pembibitan terlebih dahulu dengan cara mengeluarkan biji-biji cabai segar yang sudah tua.

Keringkan biji tersebut, lalu semaikan pada polybag atau pot kecil. Dalam satu hingga dua pekan, jika rutin menyiramnya biasanya tanaman cabai akan mulai tumbuh.

2. Lemon / Jeruk Nipis / Jeruk Limau

Bumbu dapur jenis ini, meskipun tidak memiliki peran besar dalam masakan tapi termasuk yang seringkali digunakan pada banyak racikan masakan. Kamu bisa saja membutuhkan sedikit perasan jeruk nipis atau jeruk limau agar masakan yang kamu buat menjadi lebih lezat.

Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga seringkali dikonsumsi dalam bentuk minuman segar. Daun jeruk juga biasanya digunakan sebagai tambahan penyedap masakan agar lebih harum dan segar.

Pilihlah bibit jenis jeruk yang paling sering kamu gunakan untuk tambahan saat mengolah makanan di dapur. Namun jika mempunyai media tanam yang memadai, kamu bisa menanam semua jenis jeruk tersebut (lemon, jeruk nipis, jeruk limau) sekaligus. Kamu akan bisa dengan leluasa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Selain itu, ketika berbuah nanti tanaman jeruk ini juga akan menjadikan pekarangan kamu terlihat lebih indah.

3. Bawang Merah Dan Bawang Putih

Kamu tidak perlu membeli bawang lagi untuk memasak, sebab bumbu ini bisa ditanam dengan mudah. Yaitu cukup dengan menyiapkan beberapa siung bawang putih dan bawang merah yang sudah tua dan mulai kering.

Diamkan bawang tersebut pada wadah terbuka hingga keluar tunasnya untuk tumbuh. Jika sudah bertunas, maka tanamlah bibit bawang merah dan bawang putih tersebut pada pot atau media tanam yang berbeda.

Jangan lupa pula untuk menandai setiap potnya, sebab bawang merah harus selalu kamu siram setiap hari. Sedangkan bawang putih hanya membutuhkan air sedikit saja, sehingga kamu bisa menyiramnya sekali dalam 3-5 hari saja. Siram dan rawat tanaman bawang ini secara teratur, maka setelah 60 hari nanti kamu akan dapat memanennya.

4. Daun Bawang

Selain bawang, kamu juga bisa menanam daun bawang secara sederhana di rumah. Tanaman ini termasuk salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan sebagai pelengkap dalam setiap masakan. Dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menanam daun bawang adalah sebagai berikut:

Ambillah beberapa siung bawang merah atau bawang putih, lalu tanam pada pot atau polybag. Jangan lupa pula untuk selalu disiram secara teratur, sehingga daun bawang yang kamu tanam ini dapat tumbuh dengan subur.

Kemudian potonglah ujung daun bawang yang terletak di bagian akarnya (umbi) sekitar 4-5cm. Setelah itu, tempatkan pada gelas atau toples kaca yang sudah berisi air. Biarkan hingga umbi tanaman tersebut bertunas dan menghasilkan daun baru. Apabila sudah mencapai 15-20cm, maka kamu sudah bisa memanennya.

5. Daun Mint

Jika kamu termasuk orang yang suka menggunakan daun mint untuk campuran berbagai minuman, maka sebaiknya tanam saja bumbu yang satu ini di rumah. Caranya cukup dengan mengambil beberapa tangkai daun mint segar yang agak tua, kemudian tempatkan di gelas yang berisi air agar akarnya bisa tumbuh.

Apabila sudah 2 pekan, tanaman daun mint ini biasanya akan memiliki akar yang sudah cukup panjang. Setelah itu kamu dapat langsung memindahkannya ke dalam pot atau polybag, lalu menaruhnya di area yang dapat menerima sinar matahari dengan baik.

6. Daun Pandan

Daun pandan juga merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib untuk kamu tanam di sekitar rumah. Selain untuk campuran berbagai macam makanan atau kue tradisional, sedikit potongan daun pandan juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat nasi menjadi wangi. Tanaman ini juga termasuk yang sangat mudah tumbuh.

Caranya yaitu dengan mengambil satu atau dua batang daun pandan yang utuh (memiliki akar), kemudian ditanam pada polybag atau pot kecil. Jangan lupa pula bahwa kamu harus menyiramnya secara teratur, agar daunnya bisa bertambah banyak.

Tanam Bumbu Dapur Kamu Dengan Cara Yang Tepat

Menanam bumbu dapur di pekarangan rumah bisa memberimu aktivitas baru yang menyenangkan selama masa pandemi. Selain menyenangkan, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai jenis bumbu dapur ini untuk keperluan di rumah. Pilih bumbu yang tepat dan tanam dengan cara yang benar, agar tumbuh subur dan kamu dapat memanen bumbu yang berkualitas baik.

Posting Komentar untuk "Mau Berkebun Di Masa Pandemi? Mulailah Dengan Menanam Bumbu Dapur Ini!"